Kamis, 07 Oktober 2010

Sate Kalong, Hidangan Lezat di Malam Hari


Pernah dengar kata kalong? Itu loh bahasa jawanya kelelawar, satu-satunya mamalia yang bisa terbang dan selalu keluar malam untuk mencari makan. Nah... di Cirebon ada makanan khas yang lezat, namanya sate kalong. Mungkin anda akan merasa geli bahkan mual jika membayangkan hewan bersayap tersebut dijadikan sate.
Tapi tunggu dulu... Sate kalong  berbeda dengan sate lainnya, seperti sate ayam yang menggunakan daging ayam ataupun sate kambing yang menggunakan daging kambing. Sate kalong menggunakan bahan dari daging kerbau. Nama kalong diambil karena sate ini selalu muncul untuk diperdagangkan di malam hari. Sama seperti kelelawar yang selalu muncul di malam hari.
Sate kalong biasanya terdiri dari dua menu, yaitu sate yang berasa asin gurih, biasanya dagingnya berwarna kekuning-kuningan mirip daging empal, karena salah satu bumbu yang digunakannya adalah kunyit. Menu lainnya adalah sate yang berasa manis, dagingnya biasanya berbentuk pipih dan berwarna kecoklat-coklatan, mirip dengan daging dendeng. Satu porsi sate kalong biasanya terdiri dari kedua menu tersebut atau hanya salah satunya saja sesuai dengan selera. Sate kalong tersebut biasanya dibumbui dengan sambal oncom ataupun sambal kacang yang tidak begitu kental dan hangat, karena selalu diletakkan diatas tungku. Karena itu ketika bumbu tersebut disiramkan ke sate yang baru saja di bakar akan menciptakan bau gurih yang lezat.
Dahulu pedagang sate kalong, memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan pikulan dengan bunyi-bunyian yang berasal dari klenengan (lonceng kecil). Namun saat ini sudah jarang pedagang sate kalong yang menggunakan pikulan seperti itu. Bahkan keberadaannya di Cirebon juga sudah semakin sulit ditemui. Salah satu pedagang sate kalong yang masih dapat ditemui adalah di Jl. Lemah Wungkuk, di Pusat jajanan Malam Hari. Itupun sudah tidak menggunakan pikulan lagi, tapi sudah menggunakan gerobag. Namun dari segi rasa tetap sama lezatnya dengan sate kalong yang dijual tempo dulu. (CN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar